HTML & CSS: Padding

0 comments
Cara kerja padding mirip dengan margin, tapi kalau margin mengatur jarak elemen satu sama lain, tugas padding adalah mengatur jarak konten -misalnya teks atau gambar- dengan elemen. Jarak padding bisa diatur dalam pixel, em, persen dan lain-lain. Selain itu, padding menggunakan posisi sama seperti margin dan border, empat posisi itu adalah atas: 'padding-top:...;', kanan: 'padding-right:...;', bawah: 'padding-bottom:...;' dan kiri: 'padding-left:...;'. Tapi penulisan ini tentu tidak terlalu efektif dan cenderung memakan waktu lama. Solusinya adalah menggunakan shorthand: 'padding:atas kanan bawah kiri;'. Ganti tulisan atas-kiri dengan nilai sesuai keinginan anda, selalu pastikan untuk memberi spasi diantara masing-masing nilai. Contoh:

CSS Padding 1
padding-top:20px;
padding-right:0;
padding-bottom:20px;
padding-left:50px;
Contoh dengan shorthand:

CSS Padding 2
padding:100px 0 50px 10px;
Pada diagram dibawah, padding ditandai dengan warna hijau. Posisinya ada diantara konten dan elemen.

Diagram Elemen
Diagram Elemen
Catatan:
Meskipun satuan nilai padding ada beberapa macam, nilai pixel adalah satuan yang paling mudah digunakan. Untuk menghemat ruang, nilai 0px pada padding yang bisa diubah menjadi 0.

0 comments:

Posting Komentar

Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM dan gunakanlah kata-kata yang sopan. Saya sangat berterimakasih bila anda berkomentar dengan peraturan diatas.

 

©Copyright 2013 Jurnal Osmond | TNB