Javascript: Objects bagian 2
Setelah menyelesaikan Objects bagian 1, saya memulai pelajaran tentang Objects bagian 2. Object bagian 2 ini membahas lebih dalam tentang object. Pengenalan tentang Class dan Prototype dari object, lalu ada Inheritance yang menggunakan parent dan child dalam object. Selain itu juga ada properti object berbasis public dan private properties. Kemudian yang terakhir adalah mereview pembahasan di atas dan memulai tentang Object Oriented Program. Disini juga ada proyek membuat cash register atau mesin kasir.
Dibagian kedua dari object ini saya belajar membuat object yang lengkap. Object-object bisa dimasukkan kedalam kelasnya, misalnya pinguin masuk kekelas hewan yang memiliki properti dasar jumlah kaki, jenis spesiesnya, nama dan umurnya. Sedangkan mobil termasuk dalam kendaraan dengan properti tipenya, merek pembuat, jumlah roda dan harganya. Didalam masing-masing kelas juga bisa dibuat sub kelas. Contohnya adalah membuat object pinguin menggunakan constructor pinguin yang memiliki jumlah kaki 2, tapi constructor pinguin tetap termasuk dalam kelas hewan.
Proyek membuat mesin kasir menggunakan Javascript ini memperkenalkan kita cara menggunakan fungsi-fungsi lain dalam javascript seperti fungsi switch untuk dimasukkan kedalam properti object. Sehingga kita bisa membuat object mampu melakukan pekerjaan yang cukup rumit seperti membuat daftar harga-harga barang, menaruh fungsi pembayaran dan total harga dan menghitung bonus gaji karyawan. Object mampu melakukan pekerjaan ini lebih singkat dibandingkan dengan fungsi lainnya karena mampu menampung semua properti dalam beberapa baris kode saja.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar
Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM dan gunakanlah kata-kata yang sopan. Saya sangat berterimakasih bila anda berkomentar dengan peraturan diatas.